Jumat, 13 Januari 2012

Apa Fungsi Dinar Emas

Memahami Apa Sebenarnya Dinar Emas Itu? Telah kita bahas minggu lalu dan kini kita bahas Apa Fungsi Dinar EmasApakah hanya sebagai koleksi kita saja di rumah? 
Ternyata dinar emas memiliki tiga fungsi utama yang jika kita uraikan sebagai berikut :
  1. Dinar emas berfungsi sebagai store of value (proteksi nilai) dan unit of account(timbangan muamalah yang adil), hal ini menjadikan point penting dari dinar emas, karena ternyata fungsi ini merupakan 2 fungsi utama dari uang, dan ternyata keduanya ada di dinar emas.
  2. Dinar emas juga berfungsi sebagai  medium of exchange (alat tukar). Sebagai alat tukar, jelas bahwa dengan menggunakan dinar emas sebetulnya kita bisa melakukan proses transaksi tukar menukar uang dengan barang, meskipun memang proses ini pada saat sekarang jarang dilakukan.
  3. Dinar emas berfungsi sebagai alat investasi. Dengan sebuah nilai yang diharapkan akan memiliki nilai jual lebih tinggi dan menguntungkan di masa depan, menjadikan dinar emas termasuk kedalam salah satu jenis media untuk kita berinvestasi.
Dari ketiga fungsi tersebut tidak bisa dipungkiri, kebanyakan kita lebih menjadikan fungsi ketiga yaitu  dinar emas sebagai alat investasi sebagai, tujuan utama ketika kita mulai memiliki dinar emas. Hal ini memang cocok sekali apalagi bagi anda yang memiliki tujuan jangka panjang seperti
  • Untuk melaksanakan ibadah haji. 
  • Untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak.
  • Memiliki rumah idaman.
  • Memperbaiki rumah yang ada.
  • Tabungan pensiun, dan sebagainya. 

Hal ini karena dinar emas termasuk kedalam jenis long time investment, dimana kita insyaAlloh baru bisa merasakan keuntungannya dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. Jadi memang kita tidak bisa  berharap keuntungan dalam jangka pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar