Rabu, 28 Desember 2011

Menabung dan Investasi Emas


Anda yang bermaksud menabung sekaligus berinvestasi, EMAS salah satunya.
      Sebagaimana telah banyak kita ketahui bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi dan juga sebagai penegas status sosial di masyarakat. Emas merupakan simbol kemakmuran seseorang, yang sejak zaman dulu merupakan benda yang sangat disenangi oleh seluruh orang.
 Saat ini emas selain dijadikan perhiasan yang identik kaum hawa, digunakan pula untuk menabung dan juga investasi. Karena emas diyakini lebih kebal terhadap inflasi yang menggerus nilai uang yang kita miliki. Selain itu emas digunakan sebagai tabungan karena sifatnya yang lumayan likuid dan gampang dicairkan sewaktu-waktu. Sehingga emas dapat dikatakan bisa menjadi pesaing deposito.
    
13191220201011792580
Contoh emas batangan Credit Suisse 5grm dan 10 garm

1319121835542977907
Canada Coin 1/10ons(3.11grm)

Bagi Anda yang ingin menggunakan emas sebagai sarana untuk menabung/investasi berikut ini beberapa kiat dan langkah-langkahnya:
  • Tetapkan dulu tujuan Anda untuk membeli emas. Apakah untuk menabung biasa atau untuk investasi. Karena ini akan menentukan strategi Anda ke depan.

  • Perhatikan Keaslian Emas. Keaslian emas dapat mengacu pada sertifikat yang diperoleh pada saat transaksi emas batangan (lempengan).

  • Pastikan Kadar Kemurnian Emas, sesuai dengan Standar Internasional Emas 24 Karat (emas murni) berkomposisi 99.99% emas.

  • Biaya Produksi. Biaya produksi yang dikenakan sebagai ongkos pembuatan.

  • Bila digunakan untuk investasi berarti bentuk emas yang dibeli sebaiknya dalam bentuk batangan atau koin emas dan hindari/jangan membeli emas perhiasan.

  • Simpan Bukti Pembelian dan Bukti Keaslian Emas. Hal ini adalah sebagai bukti keaslian bilamana anda menjual emas kembali ke tempat Anda membelinya, karena tentu akan lebih mudah dan tidak ada banya pertanyaan seputar emasnya.

  • Simpanlah di tempat yang paling aman, Sebaiknya Anda menyewa Safe Deposit Box (SDB) di bank-bank. Adapun syarat umumnya menyewa safe deposit box adalah: memiliki rekening tabungan di bank yang bersangkutan, sejumlah uang akan diblokir dari rekening Anda, dan akan dikenakan biaya sewa tahunan yang besarnya tergantung pada ukuran box yang disimpan
Biasanya toko emas akan memberitahukan stok dan model emas batangan/koin emas yang dijual yang bisa Anda pilih dalam ukuran berat dan bentuk yang bervariasi mulai dari 0.5 gram, 1 gram, 3 gram dsb.
13191216071136133258
BMI Hongkong sedang membeli mas batangan



2 komentar: