Jumat, 16 Desember 2011

Ayam ketawa, Beb

Selamat malam sobat, annie malam ini menemukan sebuah keunikan, yaitu ayam ketawa. lucukan, kedengarannya ? okey sekarang annie bagi tentang ayam, ayam ini lucu dan unik(bagiku).

Ayam ketawa adalah ayam yang bisa membawa hoki bagi pemiliknya, hokinya yaitu bisa ikutan ketawa dan hoki karena memang Ayam Ketawa adalah Ayam yang langka, yang tentunya jika dijual menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.
Apakah Ayam Ketawa ini memang bisa ketawa? Ya memang, Ayam Ketawa ini memang suara kokoknya seperti layaknya suara ketawa manusia pada umumnya. Kalau kita baru mendengarnya suara Ayam Ketawa ini seperti burung perkutut.
Ayam Ketawa ini berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. Ayam ini perawakan, warna bulu dan karakternya hampir menyerupai ayam Indonesia pada umumnya. Ayam ketawa ini dahulu dipelihara oleh bangsawan bangsawan keraton Bugis. Ayam Ketawa ini menjadi klangenan di kalangan bangsawan bangsawan tersebut.
Ayam Ketawa ini di daerah asalnya Sidrap, Sulawesi Selatan sana, sering dikonteskan seni suara ketawanya. Yang menarik dalam satu kali kontes pesertanya bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam. wowww lumayan banyak ya ?

Cara penjurian nya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut, tapi bedanya kontes ini tidak memakai kurungan, cuman batang bambu atau kayu yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam ketawa. Ayam Ketawa yang telah menang kontes harganya bisa mencapai Rp50juta. Woowww bener-bener hebat.
Ayam ketawa saat ini termasuk ke dalam salah satu jenis unggas yang dilindungi. Jadi untuk mendapatkan lumayan susah. Karena belum banyak diternakkan, harganya bisa melambung dikemudian hari, jika ada peternak yang menternakannya niscaya akan mendapat keuntungan berlipat ganda, sebetulnya cara mengembang biakkannya cukup mudah. Ayam Ketawa ini kareakternya tidak jauh berbeda dari ayam pada umumnya, perawatan nya relatif lebih gampang, makanannya juga cukup simpel, hanya diberi fur dan rajangan sawi hijau.
mmmm siapa yang mau jadi pionir breeder Ayam Ketawa ini???
nih ada videonya, bisa di lihat seperti apa ayam ketawa ini ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar