Senin, 29 Oktober 2012

8 tips memilih kosmetik yang tepat


8 tips memilih kosmetik yang tepat



Memilih kosmetik sangatlah penting bagi kita, untuk menghindari alergi seperti ruam”, gatal” serta jerawat.

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda dan unik. Begitu pula wajah tiap orang memiliki karakteristik yang berbeda dan harus dipertimbangkan dalam memilih kosmetik. Memahami karakteristik kulit sebelum membeli kosmetik sangat lah penting untuk menghindari eye shadow luntur sebelum makan siang atau foundation terlihat berlapis.

Berikut beberapa tips untuk memilih kosmetik yang tepat.

1.Hindari kosmetik yang kering dan mengiritasi kulit.
Setiap jenis kulit akan bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis kosmetik. Bahkan suatu merek eye shadow cocok untuk kita, lipstik dari merek yang sama tidak cocok. Hal ini karena jenis kulit pada kelopak mata mungkin sangat berbeda dengan jenis kulit pada bibir kita.

Ketika memilih kosmetik seperti foundation, misalnya hindari kosmetik yang membuat kulit kering dan mengelupas. Sayangnya kita mungkin harus mencoba beberapa produk untuk mendapatkan produk yang benar-benar cocok.

2.Pertimbangkan warna kulit ketika memilih kosmetik.
Memilih warna yang salah, terlalu terang atau terlalu gelap akan membuat kosmetik kurang menarik. Pilih kosmetik yang cocok dengan warna kulit kita.

Foundation, eye shadow dan eyeliner gelap akan cocok bagi mereka dengan warna kulit coklat atau zaitun. Dan untuk kulit pucat, harus memilih warna yang lebih ringan.

3.Belilah produk yang berkualitas.
Make up berkwalitas mungkin tidak terlalu ramah di kantong, tapi make up murah/berkwalitas rendah berpotensi memberi masalah besar pada kulit. Make up kwalitas rendah sering tidak nampak menyatu dengan wajah, sehingga memberi kesan kita memakai topeng/lapisan plastik. Carilah kosmetik berkwalitas, jika memilih kosmetik bermutu tidak harus membuat kantong jebol.

4.Kulit kering.
Jika kita mempunyai kulit kering, jangan putus asa. Kita harus memakai foundation jenis creme. Hindari produk dengan formula tanpa minyak karena cenderung membentuk garis-garis pada wajah.

Kelembaban adalah kunci dalam pemilihan lipstik dan lipsglos. Cari lipstik dengan pelembab dan gunakan lipsglos yang memiliki kandungan seperti lidah buaya/vitamin E. Keduanya akan memberikan kelembaban pada bibir.

5.Kulit sensitif.
Carilah produk yang diberi label khusus untuk digunakan pada kulit sensitif. Non alergi adalah kata kunci yang perlu kita cari pada label. Hindari produk dengan tingkat bahan pengawet yang tinggi.


6.Kulit kombinasi.
Kita dapat memilih produk yang berbeda pada bagian wajah yang berbeda, atau kita dapat memilih produk yang khusus di ciptakan untuk kulit kombinasi. Bahkan kulit normal juga memiliki wilayah yang lebih/kurang berminyak dari daerah lain.


7.Kulit berminyak.
Untuk kulit berminyak gunakan produk yang tidak akan menyumbat pori-pori. Usap kulit dengan lembut menggunakan spons secara berkala guna menghapus kesan berminyak.


8.Pilih pembersih.
Hindari pembersih yang keras/membuat kulit kering begitu pula pembersih yang mengandung banyak minyak. Pembersih kulit terbaik dari semua jenis kulit adalah pembersih yang larut dalam air dan lembut pada kulit.

Semoga bermanfa’at !


Tulis dari  http://anniepurannie.wordpress.com/2012/04/04/tahukah8-tips-memilih-kosmetik-yang-tepat/


Sumber: terselubung.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar