Sabtu, 25 Juni 2011

Faedah menyampaikan salawat dan salam kepada Rasulullah saw

Faedah menyampaikan salawat dan salam kepada Rasulullah saw.

Ibnu El-Ibrahimy Husein 01 Agustus jam 15:27
Assalamu'alaikum, pa kabar sobat dliya' ? Mari kita lanjutkan postingan kemarin mengenai manfaat dari membaca sholawat dan salam kepada Rasulullah Shallahu 'Alaihi Wassalam yang dikuitp dari kitab "Adz-Dzakhoir Muhammadiyyah" karya "Imam Prof. Dr. Abuya Al-Maliky Al-Hasany RHM.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah kecintaan kepada beliau shallahu 'alaihi wassalam.

Diantara sisi pentingnya juga adalah keutamaan dan janji berupa pahala besar, dzikir yang dan kebahagiaan orang yang melakukannya meraih ridla Allah Ta'ala dan dipenuhinya kebutuhan akhirat dan dunia.
Sisi lainnya , di dalam shalawat terdapat aspek mensyukuri wasithah (perantara) di dalam nikmat-nikmata Allah yang dianugerahkan pada kita, yang kita diperintahkan mensyukurinya. Maka tidak ada satu nikmat yang terdahulu maupun yang akan datang berupa penciptaan dan pemanjangan di dunia dan akhirat, melainkan beliaulah penyebab sampai dan berjalannya nikmat-nikmat itu kepada kita. Nikmat beliau atas kita adalah mengikuti pada nikmat-nikmat Allah Ta'ala, sedang nikmat-nikmat Allah tidak bisa dibatasihitungannya, sebagaimana firman-Nya :
WA IN TA'UDDUW NI'MATALLAHI LAA TUHSHUWHAA

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmta Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. (Q.S An-Nahl : 18)."
Maka wajiblah atas kita memenuhi hak beliau. Kita wajib juga d idalam mensyukuri nikmatnya jangan sampai kendor (putus) bershalawat kepadanya di setiap masuk dan keluarnya nafas,
Sisi penting shalawat juga adalah pengaruh dan kegunaannya yang telah teruji di dalam mencerahkan dan meningkatkan semangat, sehingga dikatakan bahwa shalawat itu cukup menjadi guru dalam tarekat dan bisa menempati kedudukan guru dalam tarekat itu.
Sisi lainnya juga dalah bahwa di dalam shalawat ada rhasia kelurusan yang menghimpun kesempurnaan hamba dan menyempurnakannya. Di dalam shalawat atas Rasulullah SAW terdapat mengingat Allah dan rasul-Nya. Dan tidaklah begitu kebalikannya. Kemudian berkata : "dan di dalam kitabnya Ibnu Farhun Al-Qurthubi disebutkan ;

ketahuilah bahwa di dalam salam shalawat ke atas nabi Shallahu 'Alaijhhi Wassalam terdapat 10 kemuliaan :
1. Shalawatnya DZat Yang Maha Raja lagi Maha Perkasa
2.Syafaatnya Nabi yang terpilih.
3. Mentauladani para malaikat yang mulia-mulia.
4. Berbeda dengan kaum munafik dan kaum kuffar.
5.Dihapusnya dosa dan kesalahan.
6.Sebagai penolong dipenuhinya hajat kebutuhan.
7. Dicerahkanny aspek lahir dan batin.
8.Selamat dari rumah kebinasaan (jahannam).
9. Masuk negeri kekekalan.
10.mendapatkan salam Dzat Yang Penyayang lagi Maha Pengampun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar