Kamis, 21 Mei 2015

Ciplukan

Ciplukan atau sering kita sebut ceplukan tak asing lagi bagi kita yang pernah hidup didesa. Eiiittt buah ini ternyata mengandung banyak manfa'at.
Ciplukan merupakan tanaman semusim yang hidup liar dan biasa ditemukan di area pesawahan. Ciplukan mempunyai nama ilmiah Physalis angulata dan mempunyai ciri yang khas yaitu buahnya tertutup kelopak bunga.
Tanaman ciplukan terdiri dari daun, buah, batang dan akar. Bahkan di beberapa daerah khususnya perkotaan, ceplukan biasanya juga di perjual belikan, mengingat manfaatnya yang luar biasa untuk mengobati penyakit dan demi kesehatan tubuh.

Namun, banyak orang yang menganggap buah ini hanyalah tumbuhan liar yang tak ada manfaatnya, bisa dikatakan buah ciplukan kalah pamor dengan buah apel, jeruk, mangga, dan sebagainya bahkan dipandangan sebelah mata.

Padahal Manfaat ciplukan bagi kesehatan sangat banyak manfaat mulai dari buah, daun, dan batangnya seperti, mengobati hipertensi, obat bisul, mengobati kencing manis, obat sariawan.

Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :

1. Vitamin C , gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada buahnya.
2. Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya.
3. Flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
4. Alkaloid terletak pada akarnya
5. Chlorogenic acid terletak pada batang dan daun
Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar