Selasa, 14 April 2015

Manfaat minyak Zaitun untuk wajah


    Beberapa khasiat minyak zaitun berikut ini intuk menangani masalah jerawat yang kerap muncul di wajah:
Sebagai Antioksidan
  Minyak zaitun kaya akan kandungan polifenol, sehingga berkhasiat sebagai antioksidan yang kuat. Karakteristik antioksidan pada minyak zaitun membuat mampu untuk menjaga kulit tetep lembab.
Kulit yng lembab membuat jerawat lebih cepet sembuh daripada kulit kering. Proses penyembuhan jerawat pada klit yng lembap tidak membuat meninggalkan bekas, yang sering kali sukar untuk dihilangkan.  Khasiat minyak zaitun sebagai antioksidan itulah yng membuat bermanfaat untuk wajah berjerawat.
    Sebagai Antibakteri:
Minyak zaitun juga mengandung senyawa antibakteru, sehingga dalam hal penyembuhan jerawat, minyak zaitun mampu mencegah jerawat bertambah buruk akibat dari infeksi bakteri.

    Sebagai Antiinflamasi/Antiradang:
Jerawat kerap menimbulkan inflamasi pada kulit, minyak zaitun mampu mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan, sehingga jerawat tidak menjadi bertambah parah dan terinfeksi.
 
 Sebagai scrub pada kulit:
Scurb yang terbuat dari extra virgin oil adalah salah satu yang terbaik dalam mengatasi wajah berjerawat, karena berkhasiat dalam mencegah terjadinya penyumbatan pada pori kulit. Scrub minyak  zaitun juga berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit yang mati, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit wajah, dan juga mampu mengurangi bekas luka akibat jerawat.
 Selain sebagai scrub minyak zaitun juga bisa dilakukan dengan cara :
    Memijat
Rendam kain lembut kedalam air panas, peras lalu letakan kain pada wajah yang sebelumnya telah dipijat dengan gerakan memutar menggunakan minyak zaitun. Diamkan kain hingga kain tidak hangat lagi, ambil dan rendam lagi kain dalam air panas. Aplikasikan sedikit minyak zaitun pada wajah dengan cara mengoleskannya, lalu letakkan kembali kain yang direndam tadi pada wajah, diamkan hingga minyak zaitun diabsorpsi oleh kulit wajah.
    Dicampur dengan baking soda
Satu sendok teh baking soda dicampur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Campuran tersebut diaplikasikan ke wajah dengan cara memijat secara lembut selama 10-20 menit.
    Dicampur dengan jus lemon
Campur 1/8 sendok jus lemon dengan 1/4 sendok minyak zaitun. Sebelumnya bersihkan wajah dengan kain lembut dan air hangat.  Aplikasikan campuran minyak zaitun dengan jus lemon, lalu bersihkan. Selagi lembab, oleskan sedikit minyak zaitun.
     Minyak Zaitun untuk wajah berminyak ;
Wajah berminyak menimbulkan berbagai keluhan, seperti komedo, jerawat ataupun noda diwajah. Hal tersebut disebabkan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebum dapat menutup pori-pori sehingga tumbuh bakteri sangat cepat. Manfaat minyak zaitun untuk wajah dapat diterapkan tanpa membuat kulit jadi kering atau berminyak.

Selain manfaat-manfaat diatas minyak Zaitun dapat digunakan sebagai :
    Penghapus Make Up
    Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah salahsatunya adalah sebagai make up remover. Tidak hanya penghapus bekas make up pada wajah, mintak zaitun bermanfaat dalam memelihara kulit wajah. Caranya sangat mudah dengan menggunakan kapas dan sedikit minyak zaitun oleskan pada riasan, jika riasan cukup tebal terlebih dahulu pijat wajah menggunakan minyak zaitun lalu bersihkan dengan kain lembut yang sebelumnya direndam air hangat, lalukan secara berulang hingga wajah benarbenar bersih dari riasan, terakhir bilas dengan air hangat.
 
 Sebagai krim mata
    Oleskan sedikit minyak zaitun diarea bawah mata sebelun tidur atau pagi hari. Minyak zaitun dapat memelihara kelembutan kulit disekitar mata dan memudarkan garis yang ada diseputar mata.

 Sebagai masker
Minyak zaitun bersama kuning telur dan jus lemon, masker ini dapat digunakan baik untuk kulit normal maupun kulit kering. Masker ini dapat memelihara kulit serta membuat wajah tampak cerah .


Sumber: berbagai sumber
   

2 komentar:

  1. Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang sangat banyak,untuk memudahkan pemakaian sekarang sudah ada cream zaitun,jadi tinggal pakai sebagai cream siang dan malam,

    BalasHapus